Kamu Layak Dapat Bansos, Tapi Tidak Terdaftar di DTKS? Begini Cara Jadi KPM PKH, BPNT, PIP, dan Bansos Lainnya

- 3 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi pendaftaran PKH, PIP, BPNT, dan bansos lainnya HP via aplikasi Cek Bansos.
Ilustrasi pendaftaran PKH, PIP, BPNT, dan bansos lainnya HP via aplikasi Cek Bansos. /Kemensos

 

NANDAI – Pemerintah Indonesia pada tahun 2024 ini masih tetap menyalurkan bantuan sosial itu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau bantuan sosial lainnya

Jika kamu sebagai Warga Negara Indonesia merasa bahwa kamu layak mendapatkan bantuan sosial (bansos) baik itu PKH, BPNT, BLT dan bantuan sosial (bansos) lainnya.

Kamu bisa mengajukan dan mengusulkan data diri kamu agar bisa terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Baca Juga: RUU Desa Disahkan Menjadi UU Desa Oleh DPR RI, Selain Kepala Desa, Masa Jabatan BPD Juga 8 Tahun  

Karena dengan terdaftarnya kamu di DTKS, itu berarti kamu berpeluang menjadi salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang layak menerima PKH, BPNT, BLT, atau bansos lainnya.

Untuk mengusulkan dan mengajukan data diri supaya terdaftar dalam DTKS kamu bisa langsung mendaftarkan diri melalui Desa/Kelurahan setempat bukan melalui pendamping sosial.

Selain melalui Desa/Kelurahan tempat tinggalmu, kamu bisa melakukan pendaftaran secara mandiri melalui Aplikasi Cek Bansos yang dapat didownload di playstore.

Baca Juga: Pinjaman Tanpa Agunan, Pinjam Uang 25 Juta di KTA OCBC NISP Online, Cicilan per Bulan Cuma Rp 1 Jutaan

Untuk diketahui bahwa DTKS merupakan acuan dari Pemerintah Indonesia dalam mengucurkan dan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat miskin/rentan miskin, tidak mampu, dan beberapa kategori lainnya.

Halaman:

Editor: Akhmad Muzayyin Alfikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x