Sama-sama Pinjaman Modal Usaha, Apa Bedanya KUR Sama Kupedes BRI? Cek Syarat dan Suku Bunga

- 3 Juli 2024, 11:00 WIB
Perbedaan KUR dan Kuupedes BRI
Perbedaan KUR dan Kuupedes BRI /Nandai Bengkulu

NANDAI – Kredit Usaha Rakyat atau KUR dan Kredit Umum Pedesaan atau Kupedes merupakan dua produk pinjaman modal usaha dari Bank BRI yang ditujukan untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Meskipun KUR dan Kupedes sama-sama jenis pinjaman untuk modal usaha namun kedunya memiliki perbedaan mulai dari syarat hingga suku bunga pinjaman.

Lantas, Apa Bedanya KUR Sama Kupedes BRI? Berikut ini beberapa perbedaan antara KUR dengan Kupedes seperti dikutip Nandai Bengkulu dari laman resmi Bank BRI.

Baca Juga: Tabel Pinjaman KUR 2024 Tanpa Jaminan, Hutang 100 Juta di Bank BRI Angsuran Berapa? Ini Rinciannya

Perbedaan KUR dan Kupedes BRI

1. Suku Bunga Pinjaman

Perbedaan yang paling jelas dari KUR dan Kupedes BRI terletak pada persentase bunga pinjaman. KUR merupakan produk pembiayaan modal kerja dan investasi yang mendapat subsidi bunga dari pemerintah. Disalurkannya KUR bertujuan untuk membantu UMKM memenuhi kebutuhan finansial guna mengembangkan usaha.

Suku bunga KUR di Bank BRI ditetapkan sebagai 3 persen per tahun dan 6 sampai dengan 9 persen per tahun. Bunga 3 persen diberikan untuk pinjaman dengan limit maksimal 10 juta sedangkan bunga 6 sampai 9 persen untuk pinjaman dengan limit di atas 10 juta sampai 500 juta.

Sedangkan Kupedes tidak mendapat subsidi bunga dari pemerintah karena merupakan produk asli dari bank BRI sendiri. Kendati tidak mendapat subsidi, bunga Kupedes masih terbilang murah yakni berkisar 1 persenan per bulannya.

Baca Juga: Pinjam 50 Juta Angsuran 900 Ribuan, Apakah KUR BRI Harus Punya Usaha? Cek Syarat Pengajuannya

Halaman:

Editor: Pauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah