Dana Subsidi Rp 47,78 Triliun Siap, KUR Tahun 2024 Ditargetkan Naik 30 Persen

- 6 Januari 2024, 13:48 WIB
Pengrajin mengayam piring lidi di Desa Margaluyu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (7/11/2023). Dari sejumlah indikator, sektor UMKM tetap menjadi penopang pertumbuhan ekonomi. ANTARA FOTO/ Adeng Bustomi
Pengrajin mengayam piring lidi di Desa Margaluyu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (7/11/2023). Dari sejumlah indikator, sektor UMKM tetap menjadi penopang pertumbuhan ekonomi. ANTARA FOTO/ Adeng Bustomi /Nandai Bengkulu

NANDAI - Pemerintah telah menyiapkan dana subsidi sebesar Rp 47,78 Triliun untuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2024. Pada tahun ini juga, akses pembiayaan KUR dengan porsi kredit ditargetkan meningkat hingga 30 persen. 

Baca Juga: Cara Cek Nama Penerima Bansos PIP Kemdikbud di pip.kemdikbud.go.id

"Dana subsidi ini akan digunakan untuk pembayaran subsidi bunga atau subsidi marjin KUR tahun berjalan dan pembayaran carry over subsidi bunga atau subsidi marjin KUR pada periode sebelumnya," kata Ferry Irawan, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam keterangan resmi dikutip Rabu, 27 Desember 2023 lalu. 

Baca Juga: Masyarakat Bengkulu Harus Tahu! Ini Cara Online untuk Cek Apakah Kamu Masuk Daftar Penerima Bansos atau Tidak

Besarnya dana subsidi disiapkan mengingat dari sejumlah indikator, sektor UMKM tetap menjadi penopang pertumbuhan ekonomi. Dengan sumber daya yang ada, sektor UMKM, diharapkan bisa terdongkrak untuk naik level menjadi menengah dan besar.

Baca Juga: Semua tentang Bansos: Jenis, Kategori dan Jadwal Pencairan Bansos Januari hingga Maret 2024 

Demi menjaga daya tumbuh, pemerintah masih terus mendorong usaha UMKM. Bahkan untuk tahun 2024, KUR dipastikan akan tetap dilanjutkan penyalurannya.

Untuk diketahui, dana subsidi yang disiapkan tahun 2024 ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, pemerintah hanya menyiapkan dana subsidi Rp35 triliun.

Baca Juga: Mau Jadi Penerima Bansos Program Keluarga Harapan? Ternyata Pendaftaran Bisa Online, Begini Caranya!

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah