UMKM Wajib Tahu! Pinjaman KUR Mandiri Tanpa Jaminan Tetap Butuh Agunan, Bukan BPJS Ketenagakerjaan

- 1 Juni 2024, 14:45 WIB
KUR Mandiri tanpa jaminan butuh agunan. Agunan apa yang dimaksud? Simak selengkapnya di sini.
KUR Mandiri tanpa jaminan butuh agunan. Agunan apa yang dimaksud? Simak selengkapnya di sini. /Nandai/NB

NANDAI - Informasi ini penting untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berniat mengajukan pinjaman KUR Mandiri 2024. 

Pinjaman KUR Mandiri tanpa jaminan ternyata tetap membutuhkan agunan, bukan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

Menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan atau tidak untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri tanpa jaminan, bukanlah suatu persoalan. 

Agunan yang dibutuhkan untuk pinjaman KUR Mandiri tanpa jaminan tersebut adalah agunan pokok. Apa yang dimaksud agunan pokok? Simak penjelasannya di sini. 

Baca Juga: Pinjaman KUR Mandiri 2024 Sudah Dibuka, Bisa Tanpa Jaminan, Ini Syarat Pinjaman KUR Mandiri

Pinjaman KUR Mandiri tanpa jaminan adalah pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat di Bank Mandiri dengan maksimal plafon pinjaman Rp100 juta. 

Sesuai ketentuan yang sudah ditegaskan Bank Mandiri dan mengacu pada Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat, maksimal pinjaman 100 juta tidak diperbolehkan pakai jaminan. 

Jaminan dimaksud dikenal dalam Pedoman KUR sebagai agunan tambahan. Agunan tambahan ini dapat berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor. 

Nah untuk maksimal pinjaman Rp100 juta, secara umum berlaku ketentuan tidak diperbolehkan pakai jaminan atau agunan tambahan. 

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah