KUR di Pegadaian Tidak Pakai Jaminan, Usia 17 Tahun Bisa Ajukan Pinjaman

- 16 Juni 2024, 15:30 WIB
KUR Pegadaian tidak pakai jaminan. Usia 17 tahun bisa ajukan pinjaman.
KUR Pegadaian tidak pakai jaminan. Usia 17 tahun bisa ajukan pinjaman. /NANDAI/NB

NANDAI - KUR di Pegadaian tidak pakai jaminan. Menariknya lagi, tahun 2024 ini WNI usia 17 tahun bisa mengajukan pinjaman KUR Pegadaian. 

KUR Pegadaian tanpa jaminan karena limit maksimal pinjaman KUR di Pegadaian hanya Rp50 juta. Sesuai dengan Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023, pinjaman KUR maksimal 100 juta tidak boleh pakai jaminan. 

Jaminan dimaksud dalam konteks pinjaman KUR disebut sebagai agunan tambahan.

Agunan tambahan ini dapat berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor yang dijaminkan di lembaga pemberi pinjaman sebagai upaya untuk meyakinkan pemberi pinjaman agar pinjaman disetujui. 

Baca Juga: Angsuran KUR 70 Juta di Bank BRI Berapa Per Bulan? Simak Tabel Angsuran 70 – 80 Juta dan Bunga KUR BRI 2024

Nah khusus pinjaman KUR, karena program ini adalah program Pemerintah dan bunganya disubsidi, untuk maksimal pinjaman 100 juta tidak diperbolehkan memakai jaminan. 

Agunan tambahan atau jaminan hanya boleh diberlakukan untuk pinjaman diatas Rp100 juta sampai dengan maksimal pinjaman KUR yakni Rp 500 juta. 

Karena pinjaman KUR di Pegadaian maksimal hanya Rp50 juta, sehingga dipastikan sesuai aturan, KUR Pegadaian tanpa memerlukan jaminan. 

Meski tidak membutuhkan jaminan, KUR Pegadaian tetap membutuhkan agunan pokok berupa usaha layak dan produktif, minimal sudah beroperasi selama 6 bulan. 

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah