Bunga KUR Mandiri 2024 Terbaru Ternyata Bisa Naik, Ini Faktor Penentu Kenaikan Suku Bunga

- 23 Mei 2024, 16:22 WIB
Bunga KUR Mandiri 2024 naik 1 persen setelah pinjaman pertama
Bunga KUR Mandiri 2024 naik 1 persen setelah pinjaman pertama /Nandai/NB

NANDAI - Ulasan berikut ini akan membahas tentang suku bunga KUR Mandiri 2024 yang ternyata bisa naik. Kami akan menjelaskan faktor penentu kenaikan suku bunga KUR Mandiri 2024 dari beberapa aspek yang mempengaruhinya. Informasi ini penting bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang bermaksud meminjam uang di Bank Mandiri melalui program pemerintah, Kredit Usaha Rakyat tahun 2024 atau KUR 2024. 

Bunga KUR Mandiri 2024

Bunga KUR Mandiri 2024 dimulai dari 3 persen efektif per tahun untuk jenis pinjaman KUR Super Mikro. Untuk diketahui, KUR Super Mikro adalah pinjaman dana KUR 2024 di Bank Mandiri yang pinjamannya dibatasi paling tinggi Rp10 juta. KUR Super Mikro ini adalah jenis KUR Mandiri 2024 dengan bunga paling kecil dibandingkan dengan jenis KUR lain yang ada di Bank Mandiri. 

Baca Juga: Jenis, Suku Bunga Pinjaman, Syarat dan Tabel KUR Mandiri 2024 Terbaru

Tidak ada jenis KUR lain yang menyaingi kecilnya bunga KUR Mandiri 2024 jenis Super Mikro ini. Sebab 4 jenis KUR lainnya di Bank Mandiri meliputi KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus dan KUR TKI semua bunganya dimulai dari 6 persen efektif per tahun. 

Adapun suku bunga KUR Mandiri yang bisa naik adalah jenis pinjaman KUR Mikro dan KUR Kecil. KUR Mikro adalah KUR dengan plafon pinjaman diatas Rp10 juta hingga maksimal pinjaman Rp100 juta. Sedangkan KUR Kecil adalah jenis pinjaman KUR dengan plafon pinjaman diatas Rp100 juta hingga Rp500 juta. 

Mengapa Bunga KUR Bisa Naik?

Untuk pinjaman KUR Mikro dan KUR Kecil, suku bunga KUR Mandiri 2024 naik ditentukan oleh faktor berapa kali debitur bersangkutan meminjam KUR. 

Baca Juga: Apakah Bisa Mengajukan KUR Tanpa Jaminan? KUR Mandiri Sampai Rp500 Juta, Ini Syarat KUR Mandiri 2024

Untuk diketahui, setiap debitur yang memenuhi syarat bisa mengajukan pinjaman KUR maksimal sebanyak 4 kali. Volume pinjaman ini ternyata berpengaruh pada naiknya suku bunga yang akan dikenakan. Ketentuannya adalah sebagai berikut: 

  • Baru menerima KUR pertama kali sebesar 6% efektif per tahun;
  • Penerima KUR ke-2 kali sebesar 7% efektif per tahun;
  • Penerima KUR ke-3 kali sebesar 8% efektif per tahun;
  • Penerima KUR ke-4 kali sebesar 9% efektif per tahun.  

Hanya saja, ketentuan bunga naik ditentukan oleh volume berapa kali meminjam KUR ini tidak berlaku bagi pinjaman pada jenis KUR Super Mikro, KUR Khusus dan KUR TKI. 

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah