KUR Mandiri 500 Juta Butuh Jaminan dan Agunan Pokok, Tak Semua Pelaku UMKM Bisa Ajukan

- 27 Mei 2024, 14:30 WIB
KUR Mandiri 500 juta butuh jaminan berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor
KUR Mandiri 500 juta butuh jaminan berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor /Nandai/NB

NANDAI - KUR Mandiri 500 juta atau pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat tahun 2024 (KUR 2024) dengan plafon pinjaman 500 juta membutuhkan jaminan. 

Selain butuh jaminan, Agunan Pokok juga dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman ini. Karena butuh jaminan, tak semua pelaku UMKM bisa mengajukan pinjaman ini. Sebab sebagian besar masyarakat kita membutuhkan pinjaman tanpa jaminan.

Jaminan dalam pinjaman KUR 2024 disebut dengan agunan tambahan yakni barang yang dapat dinilai dengan uang sebagai jaminan untuk meyakinkan pemberi pinjaman guna memberikan pinjaman kepada debitur atau penerima pinjaman. 

Baca Juga: Bunga Pinjaman KUR Mandiri 50 juta Dimulai dari 6 Persen, Bisa Naik Berjenjang! Ini Tabel Pinjaman KUR Mandiri

Sebagaimana diatur dalam Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat, agunan tambahan tersebut dapat berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor yang dapat dibuktikan dengan dokumen yang sah dan digunakan sebagai jaminan di bank. 

Meski mampu memenuhi agunan tambahan dimaksud, dalam pelaksanaannya Bank Mandiri tetap akan melakukan penilaian apakah agunan tambahan atau jaminan yang dijaminkan tersebut nilainya bisa untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri 500 juta. 

Untuk diketahui pula, pinjaman KUR Mandiri 2024 yang membutuhkan jaminan bukan hanya pinjaman dengan plafon 500 juta saja. Melainkan juga berlaku untuk semua pinjaman diatas Rp100 juta. 

Baca Juga: Berapa Bunga KUR Mandiri 2024? Dimulai dari 3% Sampai 9%, Ini Rincian dan Ketentuan Kenaikan Suku Bunga

Ketentuan tersebut juga sesuai dengan Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 yang membolehkan pihak bank atau penyalur dana KUR 2024 untuk meminta jaminan untuk pinjaman diatas Rp100 juta. 

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah