Syarat Pinjaman Dana KUR BRI 2024, Apakah KUR BRI Harus Punya Usaha?

- 11 Juni 2024, 15:00 WIB
Syarat Pinjaman Dana KUR BRI 2024, Apakah KUR BRI Harus Punya Usaha?
Syarat Pinjaman Dana KUR BRI 2024, Apakah KUR BRI Harus Punya Usaha? /Foto/pixabay/

NANDAI – Berikut akan dijelaskan mengenai apa saja syarat pinjaman dana KUR BRI tahun 2024. Fasilitas pinjaman KUR BRI 2024 sudah dibuka sejak Januari lalu yang ditujukan untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Pembiayaan KUR BRI 2024 difokuskan kepada UMKM yang telah produktif dan dinilai layak untuk mendapatkan pembiayaan baik modal kerja maupun investasi.

Para nasabah KUR BRI tidak perlu membayar bunga tinggi karena bunga pinjaman KUR BRI sudah disubsidi oleh pemerintah. Nasabah KUR BRI hanya dikenakan bunga 6 persen efektif per tahun dengan plafon maksimal per orang sebesar Rp 500.000.000.

Baca Juga: KUR BRI 2024 100 Juta Cicilan Berapa? Simak Tabel Angsuran Pinjaman BRI 100 Juta Bunga 0,5 Persen

Apakah KUR BRI Harus Punya Usaha?

Jawabannya Ya. Sesuai dengan tujuan penyaluran KUR yakni untuk pembiayaan modal kerja dan investasi UMKM maka syarat untuk bisa mendapatkan pinjaman melalui KUR BRI calon nasabah harus mempunyai usaha yang produktif.

Selain itu KUR BRI juga hanya diberikan kepada calon nasabah yang belum pernah mendapat fasilitas pembiayaan komersil baik jenis modal kerja maupun investasi baik di bank maupun lembaga keuangan lainnya.

Namun masih diperbolehkan jika memiliki pinjaman jenis konsumtif seperti KPR, kredit sepeda motor, pinjaman berbasis digital untuk kebutuhan rumah tangga dan sebagainya.

Baca Juga: Syarat Pinjaman KUR BRI 2024, Apakah Pinjaman 25 Juta Tanpa Jaminan? Simak Tabel Angsurannya

Syarat pengajuan dana KUR BRI 2024

Saat pengajuan pinjaman, calon nasabah cukup melampirkan fotocopi KTP, Kartu Keluarga, Buku Nikah/Akte Cerai, Surat Keterangan Usaha dan NPWP untuk kredit diatas 50 juta.

Halaman:

Editor: Pauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah