Tahun 2024, IRT Jadi Prioritas Pembiayaan KUR di Bank Mandiri, Ini Simulasi Angsuran Pinjaman Rp 10 Juta

- 23 Juni 2024, 10:00 WIB
Brosur KUR Mandiri 2024: IRT dengan usaha mikro, kecil dan menengah menjadi prioritas pembiayaan.
Brosur KUR Mandiri 2024: IRT dengan usaha mikro, kecil dan menengah menjadi prioritas pembiayaan. /Nandai/NB

NANDAI - Selama tahun 2024 ini dan sepanjang persediaan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Mandiri masih ada, ibu rumah tangga (IRT) yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah menjadi prioritas pembiayaan KUR di Bank Mandiri. 

Ibu rumah tangga dengan usaha mikro, kecil dan menengah menjadi kriteria khusus Bank Mandiri sebagai penerima pinjaman KUR. Upaya ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan yang menyentuh semua sendi kehidupan masyarakat. 

Namun meski menjadi prioritas, penyaluran KUR Mandiri 2024 tetap memperhatikan ketentuan risk acceptance criteria penerima pinjaman KUR diantaranya usaha atau kelompok usaha yang dimiliki calon penerima pinjaman merupakan usaha produktif dan layak dibiayai.

Baca Juga: KUR di Bank BCA Tahun 2024 Bebas Biaya Provisi dan Administrasi, Bisa Pinjam Uang Sampai 500 Juta

Usaha produktif dan layak tersebut harus menghasilkan barang dan/atau jasa untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha. 

Beberapa ketentuan lain menyebutkan, calon debitur pinjaman KUR harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Hanya untuk KUR TKI yang usianya memungkinkan 18 tahun, itu pun harus menyerahkan surat pernyataan calon debitur dan surat izin dari orang tua/wali untuk bekerja di luar negeri. 

Khusus untuk calon debitur KUR Kecil, calon penerima pinjaman tidak pernah masuk daftar hitam nasional penarik cek dan/atau Bilyet Giro Kosong. Sedangkan untuk penerima KUR Super Mikro, Mikro, Kecil, TKI dan KUR Khusus, calon penerima pinjaman tidak pernah menerima kredit investasi atau modal kerja komersial. 

Namun kredit komersial itu dikecualikan untuk keperluan rumah tangga, skala ultra mikro atau sejenisnya dan/atau pinjaman online legal OJK. 

Baca Juga: Butuh Pinjaman 100 Juta Tanpa Jaminan? Ini Cara Pengajuan Personal Loan BCA

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah