Pinjaman Bunga Rendah KUR 100 Juta Tak Perlu Jaminan, UMKM Bisa Ajukan di Bank Mandiri

- 24 Mei 2024, 20:40 WIB
Informasi KUR 100 juta di Bank Mandiri. KUR Mandiri tanpa jaminan.
Informasi KUR 100 juta di Bank Mandiri. KUR Mandiri tanpa jaminan. /Nandai/NB/Bank Mandiri/Nandai/NB

NANDAI - KUR adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Program pemerintah yang salah satu tujuannya adalah memberikan tambahan modal usaha bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, KUR juga diperuntukkan bagi calon Tenaga Kerja Indonesia yang bermaksud bekerja di luar negeri. Salah satu lembaga penyalur Kredit Usaha tahun 2024 atau KUR 2024 adalah Bank Mandiri. KUR di Bank Mandiri kerap dikenal dengan sebutan KUR Mandiri 2024. 

KUR 100 Juta Tanpa Jaminan

KUR Mandiri 2024 dengan maksimal plafon pinjaman 100 juta tanpa jaminan atau tak dibutuhkan adanya agunan tambahan. Jenis KUR 100 juta tanpa jaminan ini adalah KUR Super Mikro dan KUR Mikro. Maksimal pinjaman 100 juta tanpa jaminan ini suku bunga-nya adalah 3 persen untuk jenis KUR Super Mikro. Sedangkan untuk KUR Mikro dikenakan suku bunga dimulai dari 6 persen.

Baca Juga: Pinjaman Bunga Rendah! Pinjam Uang 50 Juta di Bank Mandiri Angsuran Tak Sampai 1 Juta! Apa Saja Persyaratan?

Apa perbedaan KUR Super Mikro dan KUR Mikro?

Perbedaan KUR Super Mikro dan KUR Mikro di Bank Mandiri terletak pada plafon pinjaman maksimal. KUR Super Mikro pinjamannya tak boleh lebih dari Rp10 juta. Sedangkan KUR Mikro adalah pinjaman KUR dengan plafon pinjaman diatas Rp 10 juta hingga maksimal pinjaman 100 juta. 

Kedua jenis pinjaman KUR di Bank Mandiri tersebut tidak membutuhkan jaminan atau agunan tambahan. Meski demikian, calon debitur tetap harus memenuhi persyaratan yakni memiliki agunan pokok. Agunan pokok tersebut menjadi salah satu syarat agar pinjaman bisa disetujui. 

Baca Juga: KUR Mandiri Tanpa Jaminan Sampai 100 Juta, Ini Tabel KUR Mandiri 2024 Terbaru

Apa yang Dimaksud dengan Agunan Pokok? 

Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat mengenal dua jenis agunan yakni agunan pokok dan agunan tambahan. Agunan tambahan seperti kita sebut diatas dikenal dengan istilah jaminan yakni bisa berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor. 

Sedangkan agunan pokok sebagaimana Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 tahun 2023 adalah usaha yang sudah berjalan minimal selama 6 bulan. Selain menjadi agunan pokok, usaha yang sudah berjalan selama minimal 6 bulan ini juga menjadi syarat, sekaligus sebagai objek pembiayaan KUR. 

Baca Juga: Bunga KUR Mandiri 2024 Terbaru Ternyata Bisa Naik, Ini Faktor Penentu Kenaikan Suku Bunga

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah