Simak Tabel KUR Pegadaian 2024 Hingga Rp50 Juta di Sini! Tanpa Jaminan, Sudah Dibuka Sejak Januari 2024

- 27 Mei 2024, 19:37 WIB
KUR Pegadaian tanpa jaminan. Ini Tabel KUR Pegadaian 2024 sampai dengan pinjaman Rp50 juta.
KUR Pegadaian tanpa jaminan. Ini Tabel KUR Pegadaian 2024 sampai dengan pinjaman Rp50 juta. /Nandai/NB

NANDAI - KUR Pegadaian 2024 sudah dibuka sejak Januari beberapa bulan lalu. Hanya ada dua skema pinjaman yakni KUR Super Mikro dan KUR Mikro. KUR Pegadaian tanpa jaminan, maksimal pinjaman Rp50 juta. Tertarik pinjam KUR Pegadaian? Simak informasi berikut ini.

KUR Pegadaian tanpa jaminan. Sesuai dengan Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat, pinjam uang melalui Kredit Usaha Rakyat dengan maksimal plafon pinjaman 100 juta tidak diperbolehkan adanya jaminan. 

Jaminan dalam ketentuan sebagaimana diatur dalam Permenko Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 itu disebut sebagai agunan tambahan. Aturan mengenai penyaluran KUR tersebut mengenal dua istilah agunan yakni agunan pokok dan agunan tambahan. 

Baca Juga: Ada Dua Skema Pinjaman, Maksimal Pinjaman KUR Pegadaian 2024 Rp10 Juta dan Rp50 Juta, Ini Cara Pengajuan

Agunan pokok adalah usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Sedangkan agunan tambahan dapat berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor. Agunan tambahan inilah yang kerap disebut sebagai jaminan yakni barang atau sesuatu yang bisa dinilai dengan uang untuk meyakinkan pemberi pinjaman dalam memberikan pinjaman kepada penerima pinjaman. 

Nah dalam pinjaman dana KUR, sesuai dengan ketentuan, tidak diperbolehkan ada jaminan untuk maksimal pinjaman 100 juta. 

Karena plafon pinjaman KUR di Pegadaian hanya batas Rp50 juta, sehingga dipastikan pinjaman KUR di lembaga keuangan non bank yang merupakan anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk tersebut otomatis tidak dibutuhkan jaminan atau agunan tambahan.

Baca Juga: KUR Pegadaian 2024 Sudah Dibuka, Maksimal Pinjaman 50 Juta, Bisa Dicicil, Pencairan 7 Hari Kerja

Tabel KUR Pegadaian 2024

Berikut ini adalah tabel KUR Pegadaian 2024 atau tabel pinjaman KUR Pegadaian yang merupakan simulasi angsuran pinjaman KUR di Pegadaian. 

Halaman:

Editor: Ramadiandri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah